Senin, 09 April 2012

tugas msdm


Judul : PERAN STRATEGI SDM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL
Topik : Kecenderungan Persaingan dan Globalisasi

Abstrak
1. Globalisasi manajemen SDM kurang diperhatikan secara proporsional.
2. Banyak perusahaan yang melakukan program - program pelatihan dan pengembangan SDM.
3. Alat ukur keefektifan organisasi dan aktivitas SDM perlu dirancang secara profesional.
4. Globalisasi adalah suatu kenyataan dan mempunyai dampak langsung pada kebanyakan aspek bisnis di Indonesia.
5. Untuk memenangkan persaingan di pasar global, perusahaan harus berupaya dalam layanan yang luar biasa pada pelanggan.
6. Mendapatkan calon karyawan yang berkualitas dan profesional tidak mudah. Lowongan pekerjaan tidak terisi karena ketidaksesuaian antara job requirements dan kompetensi calon.
7. Strategi SDM mendukung pengimplementasian strategi korporat dan perlu diterjemahkan dalam aktivitas SDM sejalan dengan strategi perusahaan.

8. Dalam menentukan strategi SDM, faktor – faktor eksternal perlu dipertimbangkan mengacu pada future trends and needs, demand and supply, perubahan – perubahan social, demografis, budaya maupun nilai – nilai, teknologi.
9. Perusahaan memilih strategi bisnis yang tepat agar bisa memanfaatkan peluang bisnis dan mengantisipasi kendala yang terjadi sebagai dampak dari perubahan lingkungan yang cepat.
10. Kemitraan dengan perusahaan lain merupakan karakteristik untuk meningkatkan produktivitas dan prestasi perusahaan.
11. Pendidikan berperan besar dalam meningkatkan mutu SDM.
12. Ditingkat mikro, perusahaan berperan aktif untuk ikut meningkatkan mutu SDM yang baik.
13. Perlu dirancang suatu alat ukur untuk mengetahui mutu dan kuantitas SDM.

Teori
1. 60% perusahaan memberikan tanggung jawab untuk pengujian pekerjaan hanya kepada SDM. (halaman 9; paragraf 3)
2. Dalam merekrut dan mempekerjakan, manajer bertanggung jawab untuk menentukan kualifikasi karyawan yang dibutuhkan untuk memenuhi posisi tertentu. (halaman 9; paragraf 2)
3. Penekanan pada Prestasi. Survei terbaru tentang SDM profesional menunjukkan bahwa tekanan untuk prestasi yang lebih baik tidak pernah hilang dari para manajer SDM. Dengan kata lain, manajemen membutuhkan bukti yang solid, terukur, bahwa SDM memberikan kontribusi secara positif dan berarti untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. (halaman 14-15; paragraf 1 dan 2)
4. Globalisasi yang meluas berarti meningkatkan persaingan, dan meningkatnya persaingan berarti lebih kuat kuat dorongan untuk menjadi kelas dunia. (halaman 11; paragraf 2).
Kemajuan Teknologis. Banyak perubahan menjadikan perusahaan – perusahaan melibatkan teknologi (halaman 11; paragraf 1).
5. Ada 4 keahlian yang harus dimiliki untuk MSDM yang baru yaitu: keahlian SDM, keahlian bisnis, keahlian kepemimpinan, dan keahlian pembelajaran. (halaman 18; paragraf 1)
6. Banyak perusahaan telah melembagakan tujuan kebijakan baru untuk mendorong karyawan yang telah tua untuk tetap bekerja, atau menarik karyawan yang sebelumnya telah pensiun. (halaman 14; paragraf 3)
7. Manajemen SDM  aktivitas seperti perekrutan, pemberian kerja, pelatihan, kompensasi, penilaian, dan pengembangan karyawan adalah bagian dari pekerjaan setiap manajer. (halaman 4; paragraf 1)
8. Lingkungan yang berubah. Kemajuan Teknologis. Banyak perubahan menjadikan perusahaan – perusahaan melibatkan teknologi (halaman 11; paragraf 1).
Demografis tenaga kerja. Pada saat yang sama, demografis tenaga kerja telah berubah. (halaman 13; paragraf 1)
9. SDM menciptakan nilai dengan membuat aktivitas yang menghasilkan perilaku karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan strategis. (halaman 15 dan 17 paragraf 1)
10. Sistem Kerja Kinerja Tinggi. Penelitian menunjukkan sistem SDM pada perusahaan berkinerja tinggi memang memiliki banyak kesamaan, dan mereka berbeda secara terukur dari perusahaan berkinerja rendah. (halaman 17; paragraf 2)
11. Bagi para manajer, pertumbuhan menekankan pada tenaga kerja berpengetahuan dan modal manusia. Modal manusia mengacu pada pengetahuan, pendidikan, pelatihan, keterampilan, dan keahlian dari para pekerja perusahaan. (halaman 13; paragraf 5)
12. Sistem Kerja Kinerja Tinggi. Setiap perusahaan harus mendesain satu set kebijakan SDM dan praktik – praktik yang masuk akal untuk strategi dan situasi perusahaan itu sendiri. (halaman 17; paragraf 1)
13. Standar Pengukuran. Manajer SDM membutuhkan satu set ukuran kinerja kuantitatif (metrics) yang dapat mereka gunakan untuk menilai kegiatannya. (halaman 17; paragraf 1)

Kesimpulan
1. Strategi SDM terdiri dari pengadaan, pemeliharaan, pelatihan - pelatihan, dan pengembangan.
2. Globalisasi meningkatkan persaingan dalam kompetensi pasar sehingga strategi yang tepat harus diaplikasikan.
3. Profesionalisme manajemen, sistem informasi, budaya perusahaan yang tepat, pemanfaatan teknologi, strategi fungsional lainnya perlu secara terpadu mendukung pelaksanaan praktik manajemen SDM.
4. Karyawan yang profesional dan berkualitas yang memenuhi kompetensi perusahaan dapat menunjang pencapaian tujuan perusahaan.
5. Perusahaan perlu mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan kesenjangan SDM terhadap strategi perusahaan masa kini dan masa mendatang.
6. Ditingkat makro, dalam menghadapi tantangan globalisasi perusahaan atau pelaku bisnis, pemerintah dan akademisi perlu mengembangkan tenaga kerja nasional melalui program – program terpadu.
7. Mutu pendidikan dan etika SDM sangat berperan penting dalam meningkatkan SDM.

Saran
1. Strategi dalam mengahadapi persaingan tingkat global harusnya dipersiapkan dengan benar - benar seksama.
2. Pelaku bisnis dalam perusahaan harus lebih pintar dan kreatif dalam mengelola perusahaannya agar mampu bersaing dalam pasar bebas Asia saat ini dan ke depannya.
3. Mutu pendidikan perlu ditingkatkan agar tidak tertinggal dengan negara – negara lain.
4. Perekrutan tenaga kerja yang tepat pada pekerjaan yang tepat
5. Mempersiapakan dan melatih SDM dengan bekal pengetahuan, pelatihan, ketrampilan, dan keahlian para pekerja perusahaan.
6. Perusahaan harus memperbaiki kembali visi, misi, dan strategi serta kekompakan dengan para pekerja di perusahaan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar