Sabtu, 06 Oktober 2012

Resensi Film "The Company"




  Resensi Film "The Company"

          Film The Company menceritakan tiga orang karyawan sebuah perusahaan yang terkena efek krisis ekonomi dan melakukan pemecatan terhadap para karyawannya. Bobby Walker adalah seorang karyawan menengah yang pertama kali mengalami pemecatan. Walau pada awalnya ia terus berkeyakinan bahwa hidupnya akan terus berjalan, Bobby akhirnya menemukan bahwa krisis benar-benar telah mengubah kondisi ekonomi Amerika Serikat yang membuatnya kesulitan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan baru. Phil Woodward juga merupakan seorang karyawan di perusahaan tersebut, dengan jabatan yang lebih tinggi dari Bobby dan sepertinya akan aman dari pemecatan. Nyatanya, Phil juga tidak lepas dari masalah. Pemecatan terjadi dan Phil mengalami nasib yang paling tragis jika dibandingkan dua lainnya. Gene McClary adalah karyawan yang mengalami pemecatan, walaupun fakta menunjukkan posisi yang ia pegang merupakan posisi yang tinggi. Tidak seperti Phil yang juga mengalami pemecatan ketika ia berusia lanjut, Gene tidak menyerah begitu saja terhadap nasib. Secara perlahan, ia mampu kembali bangkit dan memulai sebuah usaha baru.

            Film The Company ini menyelaraskan antara kisah intrik politik dalam sebuah perusahaan, drama keluarga serta perjuangan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Bagaimana para korban PHK menyikapi kondisi tanpa pekerjaan, berusaha untuk bertahan hidup, mencari pekerjaan baru yang tidak mudah, serta gangguan lain secara moral, seperti pertanyaan sang anak mengenai kondisi menganggurnya orangtua, ditambah dengan keuangan yang pasti berantakan.
Kerja menjadi kuli bangunan, bahkan menjual rumah dan tinggal bersama orangtua kembali tidak luput dirasakan oleh Bobby yang terus berusaha untuk bertahan hidup. Bagaimana menyikapi masalah yang datang bertubi-tubi adalah wujud yang ingin diperlihatkan dalam film ini. Menyikapi dan terus berusaha untuk mendapatkan kembali jati diri dan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Kisah sukses perjuangan yang berhasil diperoleh dan kisah semakin terpuruknya dalam keputusasaan yang mengakibatkan pilihan jalan pintas ditempuh, bunuh diri, juga menghiasi film ini. Berbeda cara menyikapi akan membuahkan hasil yang juga berbeda, putus asa menghadapi cobaan hidup adalah sebuah keputusan yang salah.

Kaitannya dengan bab Motivasi:
  • Seorang karyawan jangan pernah patah semangat dan putus asa jika mengalami sebuah kegagalan dalam menghadapi pekerjaan yang dialaminya.
  • Bermodal rasa percaya dan yakin, mampu dan bisa mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin.
  • Jangan mengenal kata menyerah sebelum mencobanya.
  • Jangan melupakan kemampuan dan peluang yang ada.
  • Dorongan dari orang-orang terdekat, keluarga sangat dibutuhkan untuk mencapai sebuah kesuksesan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar